Postingan Terbaru

Senin, 30 Januari 2023

Sinopsis Alchemy of Souls Season 2: Light and Shadow Episode 8

All content from tvN







Ringkas drama sebelumnya


Park Jin, Heo Yom dan Kim Doju membicarakan hubungan Uk dan Buyon yang nggak terlalu dalam dan sekarang akan berpisah. Heo Yom memberitahu kalo mereka sendiri yang bilang nggak pernah melakukan hubungan suami istri. Lah padahal yang diomongin lagi pada ciuman. Buyon bahkan sampai merasakan energi batu es menyentuhnya. Uk menghentikannya. Ia lalu mendudukkan Buyon di atas meja lalu berlutut. Ia yang sebelumnya berjanji di hadapan Park Jin juga, jadi bisa dibilang kalo itu adalah janji Songrim dan Jinyowon. Uk berniat untuk membatalkan janji itu dengan janji yang baru, yaitu janji untuk menjadi pria baik dan menikahi putrinya. 


Buyon mengungkit kalo Uk pernah menemui ibunya beberapa kali dan menanyakan apa yang ia lakukan. Uk lalu ingat kalo ia sudah menghancurkan benang emas. Seharusnya ia nggak melakukannya. Buyon memutuskan untuk segera kembali untuk membuat ibunya tenang dan Uk juga akan berusaha bicara dengan Park Jin dan mencari solusi. 


Yul duduk sendirian ingat apa yang guru Lee katakan kalo jiwa Naksu akan hilang kalo jiwa Buyon bangkit. Yunok ke Sejukwon dan mencarinya tapi kata asisten Heo Yom Yul [ergi untuk menemui Park Jin. Ia pikir Yul akan memberitahu apa yang ditulisnya dalam surat kalo wanita yang bersama Uk adalah Naksu. 





Uk dan Buyon berjalan bersama. Malam ini mereka akan berpisah makanya Buyon berjalan mundur karena ia ingin melihat Uk sepuasnya. Buyon yang nggak ingin berpisah dengan Uk malah menyuruhnya untuk memanjat seperti Yul agar mereka bisa bertemu diam-diam. Uk nggak mau melakukannya karena nggak mau membuat ibunya marah. 


Buyon menanyakan saat Uk bertemu dengannya saat ia dikurung. Uk bilang pintunya terbuka sedikit seperti sengaja. Mungkin juga ia nggak sengaja merusaknya sehingga tabirnya terbuka. Dan tanggapannya saat melihat Buyon, seperti aneh. Beda dengan Uk, Buyon langsung mengenali kalo ia adalah suaminya. 


Uk jadi teringat apa yang ia katakan dulu pada Mudok. Dan kebetulan Buyon juga mengingatnya. Ada tanda biru di matanya yang merekah bagai bunga. Buyon nggak papa kalo Uk nggak mengenalinya. Ia yang akan mengenalinya lebih dulu. Keduanya kembali bergandengan tangan dan berjalan bersama. 



Yul mengumpulkan Park Jin, Kim Doju, Danggu, Heo Yom dan Choyon karena ingin membicarakan tentang hubungan Uk dan juga Buyon. Setelahnya Heo Yom kembali ke Sejukwon dan bertemu dengan Yunok. Saat Yunok bertanya, Heo Yom memberitahu kalo Yul bilang akan menanggung semuanya. Yunok menanyakan hal lainnya tapi Heo Yom menyudahi dan memperingatkan agar Yunok nggak bicara tentang Uk lagi. Yunok sendiri merasa aneh. Ia yang memegang surat dari Yul berpikir kalo Yul berniat untuk menyingkirkan Buyon di Danhyanggok. 


Buyon kembali tapi tahunya Choyon sudah nggak ada. Asistennya Heo Yom memberitahu kalo Yul yang menyuruhnya kembali lebih dulu. 




Choyon dan Danggu berjalan bersama. Mereka sangat penasaran apa yang dikatakan Yul pada ibu Jin. Mungkin Yul tahu kelemahannya. Danggu malah berpikir untuk meminta bantuan Yul untuk hubungan mereka juga. Choyon melarang. Ia nggak boleh terlibat dengan mereka. Ibunya membenci Uk tapi nggak membenci Danggu. Danggu juga heran kenapa ibunya sangat membenci Uk? Choyon memberitahu kalo sangat menyakitkan melihat orang yang kita benci bahagia. 


Park Jin memberitahu Uk kalo Yul akan mencoba bicara dengan ibu Jin tentang hubungan Uk dan juga Buyon agar mereka bisa membuat perjanjian baru tapi ia melarangnya dan menyuruhnya untuk istirahat karena Uk sendiri sudah memutuskan untuk melepaskannya. Lah padahal Uk sangat berterima kasih kalo Yul mau membantu. Kim Doju memberitahu yang sebenarnya pada Uk. Uk juga menyadari kesalahannya yang membawa Buyon sesuka hati dan nggak meminta ijin terlebih dulu saat menikahi putrinya jadi wajar ia marah. 




Buyon menemui Uk di Sejukwon untuk berterima kasih karena Yul sudah mau membantunya dan Uk. Ia yang dulu bilang kalo nggak ada tempat untuknya di hati Uk, sekarang ia nggak mau jauh darinya. Yul malah bilang kalo ia dan Uk hanya akan saling menyakiti. Ia lalu menyinggung tentang tekad yang ia buat saat datang ke Danhyanggok yang begitu Buyon tahu maka ia nggak akan mau menjadi temannya. Ingatan Buyon akan kebersamaan mereka saat masih kecil dulu datang begitu saja. Itulah alasannya Yul bilang kalo mereka hanya akan saling menyakiti. Ia bahkan menyuruh Buyon untuk ke Danhyanggok dan mencari tahu sendiri kalo ia ingin melihatnya. Buyon nggak mau. Ia nyuruh Yul untuk pura-pura nggak tahu, sama seperti saat ia memintanya untuk pura-pura nggak tahu tentang sakitnya. 


Sebelum Buyon pergi, Yul meminta Buyon untuk menemuinya kalo butuh bantuan. Dan ternyata ada Yunok di luar yang mendengar semua yang mereka bicarakan tadi. 





Buyon berdiri sendirian memikirkan semuanya. Kim Doju datang dan memberitahu tentang yang Uk lakukan. Uk bahkan minta bantuan Park Jin. Dan karena Uk sedang menemui orang dari Istana, Kim Doju pun mengajaknya untuk pulang duluan. Orang istana yang menemuinya adalah Kasim Oh. Uk diminta Raja untuk ke istana. Tapi sebelumnya ia diminta untuk menemui pangeran dulu. Kasim Oh memberikan pesanan dari Pangeran yang hanya boleh dilihat sama Uk. Ia harus membawanya kalo ia memiliki benda seperti itu. Uk membukanya setelah Kasim Oh pergi. Dan isinya adalah plakat emas yang diberikan Raja untuk putranya sebagai pewaris tahta. Uk ampek bingung, apa sih maksudnya. 


Pangeran melihat tempat kura-kuranya di mana kura-kuranya sudah nggak ada. Kasim Oh kembali setelah menemui Uk. Ia sudah mencari kura-kuranya tapi nggak menemukannya di manapun. Sepertinya dibuang jauh. Lah dibuang sama Jinmu apa ya???


Yul melihat jenazah Soyi bersama dengan Sangho. Ia belum dimakamkan karena ingin Yul melihatnya. Soyi bahkan membawa payung hijau yang ia berikan dulu di peti matinya. Ia sama sekali nggak punya keluarga yang membantu pemakanannya. Yul pun berniat membantu memakamkannya dengan mencarikan tempat yang hangat dan terang. 




Buyon memikirkan tentang ingatan yang ada dalam pikirannya tadi. Kim Doju datang memberitahu kalo Uk sudah pulang. Ia pun ke sana dan menemui Uk. Secara nggak sengaja ia melihat luka Uk saat ia mau ganti baju. Itu adalah luka yang diakibatkan oleh pedang yang selalu dibawanya. Uk melarang Buyon untuk mendekat. Buyon membahas tentang ingatan yang datang padanya. Ia nggak ingin mengingat itu lagi. Ia bahkan nggak ingin lagi pergi ke Danhyanggok. 


Uk akan ke istana dan memintanya untuk menunggunya. Buyon terdiam. Bukan karena ia sedih tapi karena Uk nggak seperti biasanya. Biasanya ia selalu mengusirnya tapi sekarang ia memintanya untuk menunggunya. Uk lalu memeluknya dan memintanya untuk menunggunya. 



Yunok mencari obat yang biasanya digunakan pada jasad untuk menunjukkan bekas luka. Ia ingin menunjukkan sesuatu. Sementara itu Yul menemui Ibu Jin dan menyebut tentang Naksu yang ada dalam tubuh Buyon. Nantinya jiwa Naksu akan menghilang saat jiwa Buyon terbangun. Karena itulah ia meminta ibu Jin untuk membiarkan Buyon berada di tempat yang diiinginkannya bersama orang yang ia sayangi. 


Uk menemui Pangeran tapi nggak membawa plakat emasnya. Ia mengatakan kalo ia nggak memerlukannya makanya nggak membawanya. Dan ia yakin kalo Pangeran sudah mengetahui rahasia kelahirannya makanya menanyakannya. Dan karena Uk bilang nggak memerlukannya artinya ia nggak akan melawannya. Karena itulah Pangeran minta Uk untuk pergi yang jauh dan ia akan sembunyi di belakang Jinmu. Selanjutnya Uk menemui Raja dan melapor kalo ia setuju untuk pergi ke kota pertahanan utara. Raja pun memintanya untuk segera pergi dalam beberapa hari dan nggak usah ditunda terlalu lama. 



Jinmu menemui Pangeran dan membicarakan Uk yang sudah mau pergi padahal ia mau menggunakan Park Jin dan Songrim untuk menekannya. Setelahnya Pangeran menyinggung tentang kura-kura miliknya. Jinmu hanya bilang kalo binatang lemah seperti itu nggak cocok untuk pangeran dan mengingatkan kalo masih ada burung merak yang indah di luar. 


Sekembalinya dari Istana Uk menemui Park Jin dan memberitahunya tentang keputusannya untuk menerima perintah pergi ke kota pertahanan Utara. Park Jin khawatir kalo mereka sedang merencanakan sesuatu. Tapi Uk melakukannya untuk melindungi yang ingin ia lindungi. 





Sunyi menemui Buyon di rumah keluarga Jang dan menyampaikan kalo Yunok ingin mengajaknya bertemu di tempat yang biasa dikunjungi Uk. 


Yul menemui Sangho menyinggung tentang kekhawatiran ayah Yul. Yul mengatakan akan mengiriminya surat. Bicara tentang surat Sangho lalu ingat surat Yul yang dibawa sama Yunok. Yul pun mencari Yunok dan menanyakannya pada Sunyi. Ternyata Yunok sudah menemui Buyon. Ia membicarakan tentang Uk yang selalu menumpuk batu setelah membunuh pemindah jiwa dan bertanya-tanya di mana milik Naksu. Buyon menunjukkannya. Yunok lalu mengeluarkan ramuannya, Sebeumnya ia mengatakan kalo ia hanya ingin memastikannya. Ia seorang tabib jadi ia nggak akan mentakitinya. Ia lalu menyiramkannya di tubuh Buyon dan meriksa dadanya tapi nggak ada bercak biru di sana. Buyon bermaksud mnyingkirkan tangan Yunok tapi malah membuat matanya terkena ramuan itu. Yunok nggak melihatnya karena Buyon menutupinya dengan tangannya. Yul lalu datang dan menyudahi. Ia bahkan menahan saat Yunok mau bilang kalo Buyon adalah pemindah jiwa. Ia nyuruh Buyon untuk membersihkan diri dengan air. Setelahnya ia bicara dengan Yunok yang melakukan semua itu karena apa yang Yul tulis dalam suratnya. 


Buyon membersihkan diri di sungai dan melihat pantulan wajahnya. ada bercak biru di matanya yang merekah bagai bunga. Persis seperti yang dikatakan Uk. Ia lalu teringat saat ia melakukan pemindahan jiwa. 


Dan alasan Yunok melakukannya adalah karena ia nggak ingin Buyon ada di dekat Uk dan menyakitinya. Yul meminta Yunok untuk membiarkan Buyon bahagia meski hanya sesaat karena jiwanya akan segera menghilang. 





Buyon pergi ke Danhyanggok. Dalam perjalanan ia kembali teingat kenangannya dengan Uk, dimana Uk bilang kalo gurunya memberinya racun lagi. Dan sampailah Buyon pada pohon besar yang ingin ia lihat. Uk datang dan mengajaknya memanjat pohon itu. Dan ingatan yang lain pun muncul hingga membuat Buyon yakin kalo semua kenangan itu adalah miliknya. Juga giok biru itu. Dan guru yang dimaksud adalah Naksu, dirinya. Buyon nangis. 


Saat itu juga Jin Buyon muncul. Ia menyayangkan Naksu yang mengingat semuanya saat kekuatannya hampir kembali. Kalo ia mengingat semuanya setelah kekuatannya kembali maka ia nggak akan merasakan kesedihan. Dan jiwanya akan menghilang. 


Uk pulang tapi nggak menemukan Buyon di rumah. Pelayan memberitahu kalo utusan Sejukwon  datang. Tapi Buyon nggak pergi ke Sejukwon tapi ke tempat lain. Uk lalu ke kamar Buyon dan melihat giok biru miliknya nggak ada. ia ingat Buyon mau melihat pohon di Danhyanggok. 




Buyon ternyata ada di Chwiseonru. Ingat apa yang Juwol katakan kalo di sanalah Uk dan Mudok pertama bertemu dan di sana juga Uk melamar Mudok. Yul melihatnya bersama Juwol. Ia lalu nyuruh Juwol untuk mengirim orang ke keluarga Jang dan memberitahu kalo Buyon ada di sana. Nggak tahu sudah ada yang ngasih tahu apa belum tapi Uk kemudian datang. Ia sangat mengkhawatirkan Buyon sampai mau mencarinya ke Danhyanggok. Buyon memberitahu kalo tadi ia ke sana dan mengetahui semuanya. Yul yang dari tadi mengawasi Buyon akhirnya pergi. 


Keduanya bicara di jembatan. Buyon menyinggung tentang ingatannya tentang orang yang disukainya tapi orang itu nggak mengenalinya. Uk menyarankan agar Buyon memberitahunya agar orang itu mengetahuinya tapi Buyon bilang nggak semudah itu karena ia sudah melukainya. Karena itulah ia akan kembali ke Jinyowon. Uk menahan Buyon. ia nggak terima dengan Buyon yang mau meninggalkannya begitu saja demi orang itu yang bahkan nggak mengingatnya. Buyon meminta Uk untuk menyalakan lenteranya dan sadar lalu mengembalikannya ke Jinyowon. 





Choyon menemui ibunya dan memberitahukan kepulangan Buyon kakaknya. Buyon pun menemui ibunya dan mengatakan kalo ia pulang seperti yang ia janjikan. Uk juga pulang dan memberitahu kalo Buyon pulang ke Jinyowon. Kim Doju bingung karena sebelumnya Buyon bilang akan tinggal di sana. Apa karena ibunya sedang sakit? Uk menenangkan dan bilang kalo itu hanya untuk sementara. 


Buyon menempati paviliun, tempat ia dikurung dulu. Padahal Choyon sudah menyiapkan kamar untuknya. Katanya ia lebih nyaman di sana karena sudah terbiasa. 


Uk memberitahu Kim Doju tentang rencananya pergi ke kota pertahanan Utara. Ia sendiri belum memberitahu Buyon karena waktunya nggak tepat. 


Buyon nggak bisa tidur ingat saat Uk bilang langsung mengenalinya, guruku. Sementara Uk juga memikirkan apa yang Buyon katakan kalo ia langsung mengenalinya, suamiku. 






Uk menemui Raja dan diangkat menjadi jenderal dan ditugaskan ke kota pertahanan Utara untuk menjaga awan hitam yang akan menurunkan hujan karena Pangeran dan Jinmu akan menjaga kota pertahanan Daehi saat dilakukan ritual Gyeongcheon untuk menurunkan hujan. Raja menyinggung Uk yang sudah menikah. Bagaimana dengan istrinya? Uk mengatakan kalo istrinya nggak akan ikut karena jauh dan berbahaya. 


Ibu Jin mengawasi Buyon yang duduk sendirian. Ingat apa yang Yul katakan kalo jiwa Naksu akan segera menghilang berganti dengan jiwa Buyon. Buyon memikirkan Uk yang akan pergi. Artinya ia nggak akan bisa bertemu lagi dengannya. Uk juga sedang memikirkan Buyon. Ia malah kesal saat ingat kalo ada orang lain yang Buyon sukai. Kenapa baru mengatakannya sekarang saat ia mulai mengg*la? Ingat Buyon yang menyuruhnya menyalakan lentera., Ia nggak bisa mekakukannya karena ia merindukannya. 


Uk lalu datang ke Jinyowon untuk menemui Buyon tapi Buyon malah nyuruh Choyon untuk menemuinya. Ia menyampaikan pesan dari Buyon agar ia berhati-hati di jalan. Uk juga titip pesan minta Buyon untuk menunggunya karena ia akan kembali dan menemuinya. Buyon ternyata mengawasi dari atas dan melihat Uk pergi. Dan saat ia kembali ke paviliun, tahu-tahu Uk ada di sana. Ia memanjat tembok seperti yang Buyon inginkan. Ia marah karena Buyon kembali ke sana. Harusnya ia menghancurkan tempat itu. Buyon menanyakan kenapa Uk ke sana? Uk ingin menunjukkan bagian depannya karena tadi Buyon hanya melihat bagian belakangnya. 


Mereka lalu berdebat tentang orang yang Buyon sukai dan mengungkit apa yang Buyon katakan sebelumnya kalo Buyon tahu dari awal kalo ia adalah suaminya. Apa karena ia mirip dengan orang yang ia sukai? Buyon mengatakan kalo ia menyukainya karena mirip dan Uk menyukainya karena bingung. Uk lalu menyampaikan perasaannya pada Buyon kalo ia sangat menyukainya. Ia menjanjikan akan pulang secepatnya dan meminta Buyon untuk menunggunya. Ia lalu pamit. Buyon sendiri hanya bisa nangis setelah Uk pergi. 






Uk akan pergi hari ini. Kim Doju, Park Jin dan yang lain mengantarkan kepergiannya. Heo Yom mengeluhkan Jeongjingak yang akan sepi karena kepergian Uk. Lah Kim Doju malah mau ikut pergi untuk melayani Uk. Uk ingin bertemu dulu dengan guru Lee tapi Guru Lee nggak tahu ada di mana. Ternyata sebelumnya Yul sempat bicara dengan Guru Lee tentang Uk dan juga Buyon. Ia nggak bisa memberitahu Uk tentang siapa Buyon sebenarnya sesuai permintan ibu Jin. Selain itu jiwa Naksu juga akan segera menghilang. Lebih baik mereka nggak saling tahu agar nggak lebih terluka. Kalo sampai Uk tahu, ia yang sudah sampai pada tahap Hwansu bisa saja mengusir jiwa Buyon agar jiwa Naksu bisa bertahan. 


Guru Lee ada di dekat sungai dan melihat seekor kura-kura yang memiliki energi kura-kura hitam. Eh itu kan kura-kura pangeran. Ia mengatakan kalo kura-kura itu bisa menunjukkan jalan bagi orang yang kehilangan arah menuju jalan yang benar. Dan kura-kura itu sedang berusaha menghampiri seseorang. 


Jinmu menemui pangeran dan membahas tentang acara pemanggillan hujan yang mereka rencanakan. Selain itu Jinmu juga akan membawa Pangeran untuk datang ke acara rahasianya. Padahal sebelumnya Jinmu menjanjikan pada pangeran untuk memberikan kekuatan yang sama sama Uk. Sementara itu pihak Songrim mendatangi danau Gyeoncheondaeho dan melihat banyak tembikar burung api di sana. Park Jin pikir sengaja di buang karena takut ketahuan saat diselundupkan. Pamannya Yul melaporkannya pada Jinmu. Orang-orang ketakutan kalo danau Gyeongcheondaeho mengering. Dan memang itu yang Jinmu harapkan agar ia bisa segera mengadakan pertemuan umum. 




Pangeran menemui Jinmu dan ditunjukkan tembikar burung api yang diperlukan untuk ritual Gyeongcheon. Nantinya itu akan diberikan pada Raja bersama dengan hadiah lain agar Songrim nggak bisa menghentikannya. Nantinya tembikar ituakan dimasukkan ke saluran air. Pangeran mengatakan kalo ia akan menyuruh penjaga malam untuk melakukannya. 


Jnmu bertemu dengan ibu Jin dan memberitahu kalo dalam ritual Gyeongcheon nanti mereka akan memilih penyihir wanita dari keluarga lain untuk menari karena menurutnya nggak ada keluarga Jinyowon yang memiliki kemampuan sihir tinggi. Ibu Jin nggak setuju dan mengancam nggak akan mengeluarkan relik dan artefak apapun untuk membantu ritualnya. Jinmu sesumbar kalo pertemuan umum dan Raja berpihak padanya. Ibu Jin mengingatkan kalo keluarga Jinyowon mwmiliki perisai yang bisa menolak perintah kerajaan. 



Choyon menemui kakaknya yang hanya tiduran di kamarnya. Ia menyuruhnya untuk keluar karena ibunya sedang nggak ada dan ia akan pergi menemui Danggu. Pengawal datang dan menyampaikan kalo ibu Jin menyuruh Choyon untuk pergi ke Cheonbugwan dengan membawa perisai Jinyowon. Mendengar Cheonbugwan, Buyon lalu menawarkan diri untuk menggantikan Choyon ke sana. Awalnya Choyon nggak mau karena perisai itu sangat penting dan ibu bisa marah kalo ia memberikan padanya. Buyon menekankan kalo ia adalah putri sulung. Kalo Choyon mau menjadi penerus Jinyowon maka ia nggak bisa menikah dengan Danggu. Choyon pun menyetujuinya. Dan pergilah Buyon ke Cheonbugwan. Ia yakin kalo Jinmu juga ada dalam ingatannya. Jinmu membuatnya menjadi pembunuh bayangan, memanfaatkannya dan membunuhnya. 






Di Cheonbugwan Jinmu menyampaikan pada Ibu Jin kalo perisai Jinyowon akan ditarik kembali. Pihak kerajaan menyesalkan ia yang menggunakan artefak Jinyowon sebelumnya. Pangeran datang dan berdiri di pihak Jinmu. Buyon yang sudah sampai di depan menemukan kura-kura Pangeran dan membawanya menemui Jinmu. Jinmu meminta perisai ditinggalkan di sana tapi Buyon menolak. Itu adalah milik Jinyowon. Karena itulah mereka akan melindunginya. Ibu Jin mau melakukannya tapi Jinmu ragu ia bisa secara rambutnya sudah memutih menandakan kalo kekuatannya semakin melemah. Buyon selaku putri sulungpun maju untuk menggantikan ibunya mengambil tanggung jawab itu. 


Selanjutnya mereka dibawa Jinmu menuju Gwido, Penjara Cheonbugwan bagi yang melakukan sihir terlarang. Ibu Jin dan Pangeran sebenarnya menentang hal itu tapi Buyon tetap melakukannya karena itu adalah satu-satunya cara untuk melindungi perisai Jinyowon. Jinmu lalu melemparkan perisai itu ke dalam Gwido. Buyon masuk ke sana bersama dengan kura-kura pangeran. Di dalamnya ternyata adalah lautan. Buyon sempat ragu bagaimana mencarinya karena ia hanya punya waktu sampai matahari tenggelam atau kalo enggak ia akan terjebak selamanya di sana. 


Ia pun mulai berjalan dan melihat rangka manusia di mana ada bola di dadanya. Ia berniat untuk mengambilnya tapi sesosok makhluk datang menyerangnya. Buyon pun lari. Batu giok biru yang dibawanya menyala pertanda memanggil pasangannya. Pada saat ia akan diserang, Uk mendadak muncul dan membantunya menyingkirkan makhluk itu. Ia menyesalkan Buyon yang berada di sana sendirian. Buyon nggak ngerti gimana Uk bisa sampai di sana. Uk lalu melihat mata Buyon dan menanyakan siapa ia sebenarnya. 


Ringkas drama selanjutnya


Bersambung...

Chingu, silakan berkomentar sesuai konten dengan kata-kata yang sopan dan jangan spam, ya😊😊😊